Perancangan E-Learning Berbasis WEB
Analisis Tren Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kompetensi:
- Memahami kebijakan mengenai TIK di Indonesia.
- Memahami kedudukan dan pemanfaatan TIK dalam pembangunan pendidikan.
- Mencermati perkembangan teknologi pendidikan di era globalisasi.
- Menganalisis berbagai kendala pengimplikasian TIK di Indonesia.
- Mengenal konsep dasar- e-learning.
T eknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai bagian dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) secara umum adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, (akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi (Kementerian Negara Riset dan Teknologi, 2006: 6).
Semua perangkat keras, perangkat lunak, kandungan isi dan infrastruktur komputer maupun telekomunikasi. Tercakup dalam definisi tersebut istilah TIK atau ICT (Information and Communication Technology), atau yang di kalangan negara Asia berbahasa Inggris disebut sebagai Infocom, muncul setelah berpadunya teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya) dan teknologi komunikasi sebagai sarana penyebaran informasi pada paruh kedua abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang sangat pesat, jauh melampaui bidang-bidang teknologi lainnya.
Strategi Pembelajaran
- Kozna (1989) secara umum menjelaskan bahwa strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai setiap kegiatan yang dipilih, yaitu yang dapat memberikan fasilitas atau bantuan kepada peserta didik menuju tercapainya tujuan pembelajaran tertentu.
- Gerlach dan Ely (1980) menjelaskan bahwa strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan metode pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran teretentu. Selanjutnya dijabarkan oleh mereka bahwa strategi pembelajaran dimaksud meliputi sifat lingkup dan urutan kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar peserta didik.
- Dick dan Carey (1990) menjelaskan bahwa strategi pembelajaran terdiri atas seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar yang/atau digunakan oleh guru dalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Menurut mereka strategi pembelajaran bukan hanya terbatas prosedur atau tahapan kegiatan belajar saja, melainkan termasuk juga pengaturan materi atau paket program pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik.
- Gropper (1990) mengatakan bahwa strategi pembelajaran merupakan pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Ia menegaskan bahwa setiap tingkah laku yang diharapakan dapat dicapai oleh peserta didik dalam kegiatan belajarnya harus dapat dipraktikkan.
Daftar Pustaka
===========
Darmawan, Deni. 2011. Teknologi Pembelajaran. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya.
B. Uno, Hamzah. 2011. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yag Kreatif dan Efektif. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
B. Uno, Hamzah. 2011. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yag Kreatif dan Efektif. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
No comments:
Post a Comment